Cara Aman Menggunakan Laptop dan Smartphone untuk Aktivitas Online

Tips Aman Menggunakan Laptop dan Smartphone

Tips Cara Aman Menggunakan Laptop dan Smartphone untuk Aktivitas Online Di zaman yang sudah serba modern ini, siapapun pasti dituntut untuk lebih melek informasi dan teknologi. Anda harus bisa mengaplikasikan dua barang elektronik seperti laptop dan smartphone untuk menunjang kegiatan Anda.

Apakah Anda sudah familiar dengan dua benda tersebut? Jika Anda masih merasa asing dengan dua benda di atas, yuk, simak tips aman memainkan laptop dan smartphone agar terhindar dari virus.

Cara Aman Menggunakan Laptop dan Smartphone

Memainkan smartphone atau laptop sama halnya memainkan teknologi dan Anda harus paham dengan keamanan online saat menggunakan dua benda itu. Hal utama yang harus dipahami tentang keamanan online adalah cara peretas mencoba mendapatkan informasi pribadi Anda dan mencuri identitas Anda.

Bagaimana supaya peretas tidak mendapatkan informasi pribadi? Anda dapat menghindarinya dengan mengikuti aturan ketat untuk melindungi data pribadi Anda. Banyak sekali modus peretas untuk mengganggu keamanan online And. Jika Anda belajar memperhatikan sebelum bereaksi terhadap upaya penipuan, Anda 100% akan tetap aman.

Berikut beberapa contoh tindakan peretas yang wajib Anda waspadai :

  • Anda mendapatkan email yang seolah-olah berasal dari teman, meminta Anda membuka lampiran untuk melihat sesuatu yang menarik, yang dibagikan dengan Anda. Anda perlu menelepon teman Anda dan menanyakan apakah ia mengirimnya? Peretas menulis perangkat lunak malware dan mengirimkan pemberitahuan ini ke semua alamat email yang ditemukannya di komputer seseorang. Jadi, hati-hati ya!
  • Anda mendapatkan email dari bank tempat Anda menabung tentang penawaran harga promosi dengan tautan untuk mencari tahu lebih lanjut. Bukankah lebih aman untuk menghubungi bank Anda secara langsung untuk membahasnya, jika itu nyata? Jangan pernah mengklik tautan itu. Jangan pernah!
  • Anda mendapat peringatan dari perusahaan asuransi kesehatan yang memberi tahu Anda bahwa tagihan dokter baru-baru ini ditolak, dan Anda harus membayar dokter secara langsung. Anda kemudian diminta untuk menglik link untuk melakukan pembayaran atau sengketa tagihan. Jangan sampai Anda percaya hal ini, bukankah lebih aman untuk menelepon kantornya untuk mengonfirmasi tagihan tersebut?
  • Anda mendapatkan pesan teks yang menawarkan hadiah karena pembelian baru-baru ini, dengan tautan untuk dikunjungi. Hati-hati, jangan asal klik tautannya!

Jaga Smartphone dan Laptop Anda Aman dari Anak-anak

Mulai mengenal smartphone dan laptop juga harus mulai menjaga keamanan dua barang Anda dari jangkauan anak-anak. Ketahui situs apa yang sering dikunjungi anak Anda dan gunakan pemblokiran orang tua jika diperlukan. Didik anak Anda tentang keamanan Internet dengan membuat mereka sadar akan resikonya.

Atur Masalah Privasi Dengan Situs Media Sosial

Media sosial adalah bagian penting dari kehidupan teknologi saat ini. Orang-orang membagikan informasi pribadi di situs-situs seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, WhatsApp, dan Instagram, untuk beberapa nama.

Dalam bermain sosial media, mungkin Anda pernah membagikan aktivitas online Anda ke publik. Aktivitas online yang dibagikan sebenarnya cukup berbahaya, terutama berlaku untuk Google dan Facebook. Keduanya memiliki pelacak aktivitas yang diinstal di sebagian besar situs lain di Internet.

Itulah mengapa Anda biasanya melihat iklan yang terkait dengan minat Anda, apa pun situs yang Anda kunjungi. Beberapa situs media sosial memiliki pengaturan pribadi di mana Anda dapat memilih keluar dari izin untuk berbagi data Anda dengan bisnis pihak ketiga. Anda harus mencari opsi tersebut di semua situs media sosial yang Anda gunakan.

Anda dapat mengedit pengaturan privasi Anda di Facebook dengan masuk ke menu pengaturan. Berikut daftar beberapa pengaturan privasi di Facebook:

  • Siapa yang dapat mengirimi Anda permintaan pertemanan
  • Siapa yang dapat melihat daftar teman Anda
  • Siapa yang dapat melihat posting
  • Siapa yang dapat memposting di timeline Anda
  • Siapa yang dapat melihat apa yang diposkan orang lain di timeline Anda
  • Izinkan orang lain untuk membagikan postingan Anda
  • Siapa yang dapat menemukan Anda dengan mencari alamat email Anda
  • Siapa yang dapat menemukan Anda dengan menggunakan nomor telepon Anda
  • Apakah Anda ingin pencarian mesin telusur ditautkan ke profil Anda?
  • Izinkan pelacakan riwayat lokasi Anda untuk perangkat seluler Anda
  • Izinkan Facebook untuk mengenali Anda di foto dan video dengan Pengenalan Wajah

Pisahkan Akun Perorangan Anda

Anda mungkin sudah melakukan kesalahan ini. Anda memutuskan untuk bergabung dengan situs media sosial baru, dan Anda melihat opsi untuk masuk dengan menggunakan akun Facebook atau Google Anda. Ada baiknya ketika mendaftar aplikasi, jangan menggunakan pendaftaran akun menggunakan akses ke Facebook atau Google. Mengapa? Sebab aplikasi akan melacak aktivitas Anda dan mendapatkan akses penuh ke data yang Anda tempatkan di akun Facebook atau Google. Cara ini juga memungkinkan situs media sosial memiliki akses penuh ke informasi akun Facebook dan Google Anda.

Nah, tips amannya adalah lebih baik Anda membuat akun login unik dengan email dan sandi baru. Anda akan memiliki kontrol penuh atas privasi dan data Anda. Itu jauh lebih penting.

Lakukan Metode Pencadangan Data Secara Rutin

Jika Anda memiliki dokumen penting, dan Anda akan mendapat masalah jika dokumen itu hilang, maka Anda perlu melakukan backup rutin. Untuk MacBook, Apple memiliki cadangan terbaik yang disebut Time Machine. Sementara untuk komputer Microsoft Windows memiliki banyak opsi pihak ketiga untuk pencadangan. Banyak layanan backup berbasis cloud yang menyimpan data Anda di server mereka, seperti Google Drive yang terkenal.

Perhatikan Keamanan Siber Dengan Pembelian dan Belanja Online

Belanja online adalah tren yang berkembang saat ini sehingga membuat hidup lebih sederhana dan memberikan lebih banyak pilihan untuk menemukan penawaran barang yang ingin dibeli. Berhati-hatilah ketika belanja online dengan menggunakan laptop atau smartphone karena belanja online memungkinkan Anda membagikan informasi penting tentang Anda ke pencuri. Semua situs e-niaga saat ini ini telah mengatur pemantauan online gratis untuk semua pelanggan setelah peretasan terjadi.

Jika Anda melakukan belanja online apa pun, sangat disarankan untuk terus memantau kartu kredit. Selain pemantauan kredit, Anda harus mengaktifkan semua opsi pelaporan pada kartu kredit dan rekening bank Anda. Anda dapat menerima SMS atau email peringatan secara real-time ketika salah satu hal berikut terjadi:

  • Saat ada aktivitas tidak biasa yang ditemukan di akun Anda
  • Ketika informasi kontak Anda telah diubah di akun Anda
  • Ketika transaksi melebihi jumlah yang ditentukan
  • Saat penarikan tunai dilakukan di ATM
  • Saat pembelian kartu terjadi di luar Indonesia
  • Saat pembelian kartu terjadi secara online

Manfaatkan Fungsi Keamanan Laptop Anda

Laptop memiliki empat fungsi dasar yakni input data, pemrosesan data, output data, dan penyimpanan data. Keempat fungsi ini menjadikan laptop sebagai perangkat yang sangat serbaguna. Anda bisa mengunduh aplikasi keamanan yang bisa memantau aktivitas online Anda agar apapun yang Anda lakukan tetap terjaga privasinya.

Baca Juga: Aplikasi Video Konferensi

Sekarang, Anda bisa bebas memanfaatkan smartphone dan laptop Anda tanpa khawatir terkena virus atau diserang oleh peretas dan ditipu. Selamat mencoba!

Editor: | Update: November 5, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.