Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya

Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya, Jika Anda sedang berada di tempat umum, coba lihat di sekitar Anda, berapa banyak orang yang mata mereka terpaku pada ponselnya? Perkiraan terbaru menunjukkan bahwa sebanyak lima miliar orang di seluruh dunia memiliki smartphone.

Semua orang mengandalkan smartphone. untuk hampir semua hal, mulai dari memesan makanan hingga berbelanja barang-barang favorit kami. Jadi, jika terjadi kesalahan, Anda sebaiknya harus memperbaiki smartphone.dengan cepat mengingat fungsinya yang sangat banyak.

Masalah telepon bisa membuat stres, berikut adalah beberapa masalah paling umum yang mungkin Anda alami, serta beberapa solusi cepat dan praktis untuk membantu Anda mengaktifkan kembali telepon Anda.

Jadi, sebelum Anda menghabiskan ratusan ribu untuk memperbaiki ponsel Anda melalui service center, coba saja solusi cepat di bawah ini! (Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya)

Smartphone Kehabisan Ruang

Dikarenakan smartphone sangat serbaguna, Anda akhirnya akan mengunduh banyak sekali aplikasi. Namun saat ponsel Anda mulai terisi, Anda akan melihat perbedaan kinerja yang nyata. Ponsel yang penuh dengan aplikasi jadi lebih lamban dan terkadang bisa menjadi terlalu panas, hingga akhirnya menyebabkan ponsel Anda mati.

Lebih buruk lagi, ponsel yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan internal, menyebabkan bagian-bagian ponsel Anda meleleh. Baik Anda ingin mengunduh lebih banyak di ponsel atau hanya meningkatkan kinerja, mengosongkan ruang hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Solusi :

Pergilah menuju ke menu pengaturan dan langkah selanjutnya adalah pilih opsi ‘pemeliharaan perangkat’. Setelah Anda melihat menu ini, ponsel Anda akan menampilkan grafik lingkaran kecil yang bagus dan merinci kinerjanya. Tekan tombol ‘perbaiki sekarang’ untuk menyingkirkan semua aplikasi dan file latar belakang yang menghabiskan ruang yang tidak perlu.

Setelah itu, pilih ‘penyimpanan’. Anda akan melihat grafik yang serupa bersama dengan opsi untuk membersihkan ponsel Anda. Pilih opsi ini. Terakhir, kembali ke opsi ‘perawatan perangkat’ dan klik ‘memori’. Semakin banyak memori yang dimiliki ponsel Anda, semakin cepat fungsinya, jadi klik ‘bersihkan sekarang’.

Untuk pengguna iPhone pergilah ke menu pengaturan dan pilih opsi ‘umum’ dan ‘penyimpanan iPhone.’

Anda akan melihat daftar aplikasi bersama dengan penjelasan mendetail tentang berapa banyak ruang yang aplikasi gunakan dan kapan terakhir kali Anda menggunakannya. Hapus semua aplikasi yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache dan riwayat di browser seluler Anda.

Ponsel Jatuh ke Air

Sejujurnya, seberapa sering Anda menggunakan ponsel di kamar mandi? Jangan khawatir, Anda tidak sendiri! Banyak kok orang yang juga suka membawa ponsel ke kamar mandi. Nah, masalahnya adalah sering sekali smartphone akhirnya jatuh ke air. Jika sudah demikian, bagaimana cara mengatasinya?

Solusi :

Hal pertama, matikan ponsel Anda dan jangan repot-repot mencoba menggunakannya. Melakukannya dapat memperburuk situasi. Sebaliknya, matikan telepon dan seka dengan handuk atau kain. Setelah kering, lepaskan ponsel dari casingnya dan lepas bagian belakang ponsel.

Sebagian besar ponsel Android memiliki bagian belakang yang dapat dilepas atau setidaknya tombol yang dapat Anda tekan dengan ujung pensil untuk melepaskan bagian belakang.

Untuk iPhone, bagaimanapun, memang sedikit lebih rumit. Anda perlu menggunakan obeng kecil untuk melepaskan sekrup di dekat konektor.

Catatan singkat namun penting, setiap kali Anda membongkar ponsel, pastikan Anda menyimpan komponen tersebut di lokasi yang aman. Selanjutnya, keluarkan kartu SIM Anda, dan, jika memungkinkan, baterai ponsel Anda. Letakkan kartu SIM di atas handuk hingga kering.

Jangan khawatir jika Anda tidak dapat melepas baterai (seperti yang terjadi pada kebanyakan iPhone). Anda masih dapat menyimpan telepon Anda. Tinggalkan potongan-potongan ponsel Anda di tempat yang aman dan kering seperti handuk dan biarkan mengering selama beberapa jam.

Anda mungkin pernah mendengar tentang trik beras? Saat meletakkan ponsel Anda di semangkuk beras, katanya itu bisa menghilangkan sebagian kelembapannya. Faktanya, hal itu justru dapat merusak ponsel Anda dengan menambahkan kotoran seperti pati. Keringkan saja dengan menjemurnya di panas matahari. Setelah ponsel Anda kering, kembalikan ponsel Anda dan boot.

Layar Anda Hancur

Meskipun Anda sudah berhati-hati dengan ponsel, kadang Anda bisa tidak sengaja membuatnya jatuh ke tanah. Meskipun ponsel lebih kuat dari sebelumnya, tidak menjamin screen-nya juga ikut kuat.

Solusi :

Pada akhirnya, Anda harus memutuskan di antara dua opsi. Anda dapat mencoba memperbaiki sendiri layar ponsel Anda atau membawanya ke service telepon. Ada baiknya jika Anda tidak memperbaikinya sendiri karena sulit dan dapat merusak ponsel Anda selamanya.

Paling tidak, Anda perlu berinvestasi di screen ponsel baru bersama dengan lem khusus dan obeng. Ada baiknya jika Anda menelepon service center dan tanyakan tipsnya jika ingin memperbaiki sendiri.

Service center pasti menjual kit perbaikan sehingga Anda bisa memperbaikinya sendiri. Namun, cara ini cenderung mahal, jadi lebih baik jasa service center saja yang memperbaikinya langsung.

Ponsel Anda Tidak Mengisi Daya

Bayangkan Anda kembali ke rumah setelah melewati hari yang melelahkan, siap untuk beristirahat dan bersantai, kemudian Anda mengisi daya ponsel Anda semalaman. Keesokan paginya Anda bangun dan memeriksa ponsel Anda dan layar tidak mau menyala. Ternyata apa? Ponsel tidak mengisi daya! Sebelum Anda panik, pastikan Anda mencoba ini.

Solusi :

Carilah solusinya karena inilah waktunya untuk mengesampingkan penyebab masalahnya. Masalah daya yang tidak terisi ini mungkin disebabkan oleh pengisi daya atau stopkontak yang rusak. Lepaskan pengisi daya telepon dari stopkontak dan coba hubungkan ke yang lain. Jika Anda tidak melihat perbedaannya, masalahnya bukan pada stop kontak.

Selanjutnya, sambungkan kabel USB lain dan letakkan di kabel pengisi daya. Terkadang kabel pengisi daya terpelintir dan rusak, menyebabkannya berhenti bekerja. Jika Anda masih belum beruntung, kemungkinan ada masalah dengan USB atau port lightning Anda. Jika demikian, Anda sebaiknya membawa ponsel Anda ke temp;at service.

Seperti halnya layar retak, Anda dapat mencoba memperbaiki masalahnya sendiri. Namun, menghapus dan mengganti port adalah proses yang lebih membutuhkan keahlian dan pengetahuan yang tepat.

Atau bisa juga charger Anda mungkin baik-baik saja dan masalahnya mungkin baterai Anda. Jika Anda memperhatikan perbedaan dalam masa pakai baterai ponsel dan Anda tidak mengubah kebiasaan penggunaan, baterai Anda mungkin sedang habis.

Anda Tidak Dapat Mengunduh Aplikasi

Anda ingin sekali mengunduh banyak aplikasi terbaru namun tidak bisa mengunduhnya, padahal Anda memiliki cukup ruang penyimpanan. Jadi apa yang menyebabkannya?

Solusi :

Sebenarnya ini adalah masalah umum bagi pengguna Android dan iPhone dan perbaikannya cukup mudah. Jika Anda menggunakan iPhone, setel ulang ponsel Anda dengan cepat. Aplikasi akan muncul setelah ponsel Anda melakukan booting.

Jika cara itu tidak berhasil, buka menu pengaturan. Periksa penyimpanan Anda untuk memeriksa kembali bahwa informasi aplikasi ada di ponsel Anda.

Jika iya, pilih ‘reset’, diikuti dengan “reset home screen layout”, Cara ini akan membuat layar beranda Anda refersh dan aplikasi Anda akan muncul. Untuk pengguna Android, prosesnya sedikit berbeda karena booting ulang biasanya tidak akan menyelesaikan masalah.

Sebagai gantinya, buka pengaturan, lalu ‘aplikasi’ dan pilih Google Play Store. Dari sini, pilih ‘penyimpanan’, diikuti dengan ‘hapus cache.’ Coba unduh aplikasi lagi dan sebaiknya kosongkan cache Anda setiap beberapa minggu.

Baca Juga: 8 daftar smartphone terbaik untuk para gamers

Tidak sulit bukan mencoba perbaikan Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya sendiri? Selamat mencobanya, ya!

Itulah Masalah yang Sering Terjadi Pada Smartphone dan Solusi Memperbaikinya, semuga bermanfaat.

Editor: | Update: Desember 12, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.