Cara Kloning Whatsapp Supaya Bisa Menggunakan 2 Akun di HP

Cara Kloning Whatsapp

Kloning Whatsapp merupakan salah satu trik yang bisa Anda gunakan supaya dapat menggunakan 2 atau lebih akun Whatsapp pada satu smartphone.

Langkah ini sangat berguna apalagi jika ingin memiliki dua akun namun HP nya hanya punya satu. Nah, pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi mengenai langkah paling mudah kloning Whatsapp supaya bisa menggunakan 2 akun. Berikut ulasannya.

Langkah Mudah Kloning Whatsapp Agar Bisa Menggunakan 2 Akun Pada 1 Smartphone

Aplikasi Whatsapp memang menjadi salah satu aplikasi pesan instan populer yang saat ini paling banyak orang gunakan. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak lagi orang yang memiliki akun Whatsapp menggunakan nomor berbeda.

Baca Juga: Inilah Ciri Whatsapp Disadap dan Cara Memperbaikinya

Tentunya, akan sangat merepotkan apabila kita harus mengelola dua akun pada dua smartphone bukan? Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang benar kloning Whatsapp pada 1 HP:

1. Mengkloning Aplikasi Whatsapp Menggunakan Fitur Dual Apps

Saat ini, model smartphone terbaru biasanya sudah memiliki situs Dual Apps yang dapat Anda gunakan untuk melakukan clone app namun tidak harus menginstall dulu aplikasi tambahannya.

Menurut pengalaman beberapa orang yang pernah menggunakan HP fitur dual apps, mereka berhasil melakukan clone WA dan aplikasinya berjalan bersama dengan lancar.

Jadi, jika memiliki smartphone dengan fitur Dual Apps tersebut, maka urusan kloning aplikasi Whatsapp akan lebih mudah. Caranya juga mudah kok:

  1. Masuk dulu pada menu Setting, Dual Apps
  2. Cari aplikasi Whatsapp dan centang
  3. Terkahir,Turn on Googgle Service

Apabila sudah mengakftifkan Dual Apps Whatsapp, nantinya HP Anda akan muncul icon Whatsapp kloningan. Tinggal buka dan login akun tersebut.

2. Mengkloning Aplikasi Whatsapp dengan Aplikasi Parallel Space

Apabila HP Anda tidak terdukung oleh fitur Dual Apps, tidak perlu cemas ya? Masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengkloning Whatsapp.

Fitur tersebut yaitu Parallel Space. Yang mana, fitur ini pun dapat mengkloning semua aplikasi di smartphone termasuk Whatsapp.

Parallel Space tidak hanya untuk WA saja, tetapi hampir semua aplikasi chattingan seperti FB Massenger, Line, Telegram pun dapat Anda kloning menggunakan fitur Parallel Space.

Caranya sama mudah seperti menggunakan fitur Dual Apps. Pertama, Anda harus mendownload dan instal dulu fitur parallel space, selanjutnya buatlah kloning Whatsapp. Centang  lalu pilih icon Add Parallel Space.

Jika Tahap di atas sudah selesai, Anda perlu membuat dulu icon shortcut Whatsapp clone pada homescreen supaya mudah membukanya. Caranya, tekan dan tahanlah icon WA clone tersebut dan tarik ke atas menu Create Shortcut.

Setelah keluar dari aplikasi Parallel Space, maka di homescreen akan terlihat aplikasi WA baru. Setelah itu, Anda dapat langsung membukanya dan login menggunakan akun pada Whatsapp clone yang baru.

3. Mengkloning Whatsapp Bersama Dengan Aplikasi Franz

Aplikasi Franz memungkinkan Anda membuka lebih dari satu akun Whatsapp dalam satu aplikasi secara bersama.  Franz  merupakan aplikasi penting, apalagi jika Anda memiliki banyak akun Whatsapp aktif penting supaya lebih mudah mengelolanya.

Hanya dengan menggunakan satu aplikasi yaitu Frans, Anda bisa membuka lebih dari satu akun pada satu aplikasi. Dengan begitu, tidak perlu repot lagi membuka WA pada dua tempat, karena di sini akun WA anda akan terkloning pada satu aplikasi saja. Jadi, sangat mudah sekali untuk Anda gunakan bukan?

Apalagi, sekarang ini aplikasi Frans baru telah tersupport pada beberapa tempat, seperti Windows, MacOs, dan juga Linux. Sehingga, kita bisa membuka WA melalui laptop atau komputer.

4. Melakukan Kloning Whatsaap Dengan Browser Google Chrome

Cara kerja mengkloning WA berikutnya yaitu menggunakan Browser Google Chrome. Cara ini dapat Anda gunakan apabila tidak ingin menginstal aplikasi clone lain.

Alat yang Anda butuhkan hanya komputer atau laptop, internet, smartphone, dan browser google.

Langkah pertama, bukalah dulu Browser Google Chrome dan buatlah profile baru. Caranya, masuk ke menu Setting, Manage Other People, lalu Add Person. Buat dulu nama profile Whatsapp Anda. Selanjutnya, centang pilihan Create Desktop Shortcut.

Jika sudah, lanjutkan dengan kembali ke desktop. Di sana, Anda akan menemukan pilihan Shortcut Chrome Akun Whatsapp 1. Buka dan lakukan login.

Berikutnya, Anda tinggal membuat profile baru di akun kedua, atau seterusnya. Supaya tidak perlu login berulang, jangan hapus history dan cookies pada browsernya.

Dengan menggunakan cara tersebut, Anda dapat membuka lebih dari dari satu akun Whatsapp melalui komputer atau laptop tanpa mengunduh aplikasi apapun. Namun, kelemahannya adalah setiap akun yang sedang Anda buka harus aktif juga di smartphone.

5. Kloning Whatsapp Banyak Menggunakan Emulator Memu

Melakukan clone WA melalui Emulator Memu merupakan langkah paling banyak orang gunakan dalam mengkloning Whatsapp.

Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan Whatsapp pada komputer atau laptop tanpa terhubung dengan smartphone. Itu artinya tidak ada scan barcode, seperti kebanyakan yang Whatsapp Web lakukan.

Dengan menggunakan Emulator Memu ini, Whatsapp akan tetap aktif walaupun Anda sedang mematikan HP. Anda bisa menggunakan Emulator yang paling Anda sukai.

Hal paling penting dari aplikasi ini yaitu sudah terdukung dengan multi instance. Jadi, rekomendasi kali ini memang sangat stabil dan mudah.

Jika Anda sudah menginstal Emulator Memu, langsung saja buka Multi Instance Manage. Setelah itu, buat Virtual Android sebanyak akun yang akan Anda kloning. Selanjutnya, Shortcut pada dekstop jangan Anda lupakan ya.

Dari ke lima cara kloning Whatsapp di atas, kira-kira mana yang lebih tertarik akan Anda gunakan? Semoga dengan informasi di atas bisa membantu mengatur aplikasi Whatsapp lebih baik lagi.

Editor: | Update: Juli 21, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.