5 Cara Menjaga Agar WiFi Tidak Di Bobol Hacker

Cara Menjaga Agara Wifi Tidak Mudah Di Bobol Hacker

Tidak semua orang bisa memiliki akses untuk menggunakan internet, karena harus diakui bahwa internet saat ini sudah menjadi kebutuhan primer, yang mana harus terpenuhi agar ragam kegiatan bisa terlaksana dengan baik, sebut saja seperti sekolah online. Oleh sebab itu jangan heran kalau banyak pengguna WiFi mencari cara menjaga agar WiFi tidak di hack oleh oknum curang.

Cara agar WiFi tidak di hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab sebenarnya sangat mudah sekali. Tidak harus pergi ke tukang servis atau berbagai macam lainnya. Karena Anda bisa mencoba beberapa cara atau langkah mudah untuk mengatasi masalah yang tengah Anda hadapi. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

5 Cara Agar WiFi Tidak Di Bobol Hacker

Seperti yang kita ketahui, kalau saat ini kebutuhan akan internet sudah sangat hebat sekali. Beragam informasi bisa Anda dapatkan dengan mudah hanya dalam satu genggaman saja.

Bahkan untuk kegiatan transaksi pun kini juga menjadi jauh lebih mudah, tidak seperti beberapa tahun sebelumnya yang serba manual.

Oleh karena itu melihat minat masyarakat akan kebutuhan internet yang sudah dianggap sebagai kebutuhan primer, maka muncul beberapa jasa tukang pasang WiFi.

Tapi sayangnya, kalau Anda tidak berhati-hati WiFi bisa dibobol dengan mudah oleh hacker. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan?

Maka dari itu, kami sudah merangkum 5 cara menjaga agar WiFi tidak di hack dengan mudah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Yuk ikuti satu persatu tips yang akan kami sajikan khusus untuk Anda!

Password Router WiFi Diubah Berkala

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat pemasangan WiFi di rumah sudah selesai adalah mengganti password sementara yang diberikan petugas. Biasanya password sementara yang diberikan adalah berupa angka.

Sekedar saran, kalau Anda ingin mengubah password yang sudah diberikan, sebaiknya kombinasi huruf dan angka yang unik.

Adapun tujuan dari membuat password dengan kombinasi huruf dan angka yang unik adalah agar password tidak mudah ditebak oleh pengguna asing.

Yang paling penting, jangan lupa juga untuk mengganti password pada WiFi dan router secara berkala yah. Dengan begitu kesempatan hacker menjebol WiFi semakin kecil.

Firmware Yang Selalu Diupdate

Tidak jauh berbeda dengan perangkat ponsel dan PC, faktanya WiFi juga dijalankan oleh satu buah sistem operasi. Biasanya disebut dengan firmware, yang mana sudah disediakan oleh pengembang.

Pengembang juga tidak akan lepas tangan begitu saja, mereka umumnya juga akan menyediakan pembaruan firmware yang harus di update setiap saat.

Jadi, Anda tidak hanya bisa memakai produknya saja yah! Tetapi juga wajib untuk mengupdate firmware router yang Anda sekeluarga pakai. Dengan begitu, maka secara tidak langsung sistem keamanan dari firmware tersebut sudah terlindungi.

Mengubah SSID Jaringan Pada WiFi

Tidak hanya password saja yang harus diubah, tetapi Anda juga wajib untuk mengubah SSID dari jaringan WiFi yang Anda pakai.

SSID sendiri merupakan singkatan dari Service Set Identifier, yang mana mempunyai tugas untuk mengidentifikasi data router WiFI.

Bila SSID sudah diubah, itu artinya Anda sudah bekerja dengan baik untuk mencegah WiFi dibobol oleh hacker yang ingin tahu merek juga nomor seri router WiFi Anda.

Menyembunyikan Jaringan Wifi

Dengan menyembunyikan nama jaringan wifi / Hidden Wifi Network , anda sudah melindungi dengan sangat aman, dan yang bisa mengetahuinya hanyalah orang-orang terdekat yang dikehendaki untuk mengakses jaringan wifi tersebut.

Menyembunyikan jaringan wifi tidak mempengaruhi kecepatan internet.

Fitur Remote Access Juga Dimatikan

Banyak yang belum paham kalau hampir semua router WiFi memiliki fitur Remote Access. Dengan fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk mengendalikan WiFi dengan mudah meski sedang tidak berada di rumah.

Oleh sebab itu sebaiknya Anda matikan fitur tersebut bila tidak berada di rumah, atau kalau memang tidak dibutuhkan.

Dengan begitu hacker akan kesulitan untuk menyadap koneksi Remote Access, dan mengendalikan WiFi dari jarak jauh.

Firewall Jangan Lupa Diaktifkan

Langkah yang terakhir agar WiFi Anda tidak dibobol dengan mudah oleh hacker adalah dengan mengaktifkan Firewall.

Firewall sendiri adalah sistem yang dirancang khusus untuk melindungi WiFi dan mencegah agar akses yang tidak diinginkan dari jaringan dalam WiFi.

Harus Anda ketahui bahwa dengan hadirnya Firewall ini bisa membantu Anda untuk memantau lalu lintas keluar masuknya jaringan. Selain itu juga bisa digunakan untuk memastikan router sudah terlindungi dari para hacker yang nakal.

Pastikan dengan benar kalau petugas pemasangan WiFi sudah melengkapi Firewall pada router WiFi yang dipasangkan. Lalu jangan segan untuk meminta tolong petugas untuk mengaktifkan Firewall tersebut.

Baca Juga: Trik Cara Meningkatkan Koneksi Internet Wifi

Bagaimana, ternyata mudah sekali bukan langkah-langkah yang sudah kami rangkum untuk Anda? Semoga dengan ulasan yang sudah kami berikan bisa membantu Anda dan menjadi referensi yang tepat.

Jangan lupa untuk membagikan informasi mengenai cara menjaga agar WiFi tidak di hack di atas yah ke orang-orang disekitar Anda!

Editor: | Update: Juli 30, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.