Digital Marketing: Pengertian, Kelebihan dan Jenis

Digital marketing

Perkembangan teknologi yang sudah canggih membawa perubahan pada segmen pasar. Mereka yang semula hanya memasarkan dagangan secara offline kini sudah memanfaatkan digital marketing. Bahkan hal tersebut sudah cukup populer di masa kini.

Namun, ada sebagian orang yang baru terjun ke dunia digital. Tak heran masih banyak yang belum paham akan kecanggihan di era modern saat ini. Untuk lebih jelasnya ada beberapa hal yang perlu diketahui.

Pengertian Digital Marketing

Tren bisnis saat ini sangat bergantung pada teknologi. Mengingat peran teknologi memberikan dampak yang besar bagi pelaku bisnis. Tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan profit besar dengan berbagai keuntungan.

Dengan kata lain usaha ini adalah bentuk pemanfaatan teknologi yang tepat. Sehingga penerimaan teknologi dan internet kepada masyarakat luas bisa membantu kehidupan. Para pebisnis juga mulai berlomba-lomba dalam menjajakan produk yang mereka miliki.

Satu per satu saingan semakin ketat. Tetapi ini bukanlah masalah yang begitu besar. Selagi ada usaha dan terus mencoba hal baru maka kebutuhan bisnis akan berjalan dengan lancar.

Digital marketing adalah kegiatan yang bertujuan untuk memasarkan atau promosi sebuah brand atau produk. Jika dilakukan dengan rutin maka bisa menarik konsumen dan calon konsumen dalam waktu yang cepat. Hal ini akan memberikan dampak positif yang bisa meningkatkan bisnis.

Adanya kegiatan ini biasanya mempengaruhi perusahaan untuk saling berkompetisi. Terutama dalam membuat konten yang menarik untuk ditampilkan kepada masyarakat banyak. Metode pemasaran cukup lancar dan banyak peminatnya.

Media yang digunakan tentu saja menggunakan koneksi internet. Tidak seperti dulu yang hanya menggunakan radio atau TV. Tetapi lebih dominan menggunakan internet, karena jauh lebih mudah. Bahkan hasil yang diberikan juga lebih maksimal.

Manfaat Pemasaran Online

Kini iklan konvensional sudah tidak begitu efektif. Semua orang hampir sudah beralih menggunakan digital marketing untuk memasarkan sebuah produk. Nah, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

Misalnya, bisa meningkatkan hasil penjualan dan mendapatkan keuntungan. Dengan tampilan yang menarik maka konsumen akan melirik dan lama-kelamaan membeli produk yang ditawarkan. Bahkan menggunakan media ini bisa menghemat dana, waktu, dan energi sehingga lebih efektif daripada promosi tradisional.

Penggunaan metode ini juga bisa menjaring konsumen dan pasar dalam jaringan yang lebih luas. Sehingga, bisa menjadi penghubung antara penjual dan customer yang cukup mudah. Akibatnya, daya saing bisnis juga akan meningkat serta tidak takut dengan kerugian.

Menggunakan digital marketing bisa membuat bisnis lebih terkenal. Dibuktikan dengan adanya fitur kampanye yang cukup menarik. Bahkan konten di dalamnya bisa berupa video, artikel, dan gambar.

Pengelolaan media online yang tepat bisa membuat loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi. Akhirnya bisnis yang berkembang dengan baik akan mudah terlihat. Hal ini yang menyebabkan seseorang mudah percaya dengan produk yang ditawarkan.

Kelebihan Digital Marketing

Banyak sekali kelebihan digital marketing yang bisa didapatkan oleh para pebisnis. Kelebihan ini akan berpengaruh terhadap segmen pasar. Berikut adalah kelebihan yang bisa diperoleh dengan mudah:

1. Melakukan Penyebaran dengan Cepat

Metode pemasaran secara online adalah strategi yang cukup menarik. Bahkan mudah melakukan penyebaran dalam hitungan detik. Metode ini diukur secara realtime dan tepat.

2. Kemudahan Evaluasi

Promosi menggunakan media online bisa dilihat hasilnya secara langsung. Informasi yang dicantumkan nanti berupa waktu produk ditonton, berapa banyak orang yang melihat produk, konversi penjualan, dan lain sebagainya. Dengan adanya kemudahan ini maka evaluasi iklan bisa diteliti baik dan buruknya.

3. Menjangkau Konsumen yang Lebih Luas

Dengan menggunakan digital marketing maka bisa memudahkan dalam menjangkau konsumen yang lebih luas. Bahkan, bisa mencapai lingkungan luar pulau. Sehingga, bisa menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia. Sehingga bisnis akan merebak dengan cepat dan meluas.

Hal ini memerlukan koneksi internet dengan maksimal. Caranya dengan mempelajari lebih dulu sebelum menggunakannya. Pasalnya, jika langkah tersebut salah maka metode pemasaran akan hancur.

4. Lebih Murah

Menggunakan metode pemasaran secara online lebih murah dan efektif. Anggaran yang bisa dihemat biasanya mencapai hampir 40%. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa 18% pengusaha kecil sudah mulai beralih menggunakan media pemasaran yang lebih efektif.

Jenis Contoh Digital Marketing

Berikut adalah jenis dan contoh digital marketing yang sangat prospek untuk permasalahan bisnis:

1. Situs Online

Adanya situs online bisa meningkatkan eksistensi bisnis. Dengan adanya situs online maka pelanggan bisa menjelajahi dengan penuh semangat. Situs yang menarik akan membuat pelanggan semakin penasaran dengan produk yang ditawarkan.

Penggunaan media ini sering disebut sebagai alat bantu tim sales. Mereka akan mudah meyakinkan calon pelanggan yang terkait dengan produk dan layanan. Sehingga mereka bisa dengan mudah mendapatkan konsumen.

2. Media Sosial

Penggunaan media sosial kini cukup populer untuk pemasaran. Media yang sering digunakan adalah Facebook dan Instagram. Dengan menggunakan media ini akan membuat publikasi semakin cepat.

Digital marketing dengan menggunakan media sosial terbilang cukup murah. Pasalnya pembuatan akun juga gratis dan pengoperasiannya yang mudah begitu banyak diminati.

Hampir semua orang mengenal dua media sosial yang cukup viral ini. Sehingga bisa meningkatkan interaksi terhadap calon pelanggan. Pemasaran produk hingga layanan akan berjalan sesuai dengan rencana.

3. Email Marketing

Setelah menggunakan media sosial kini saatnya melirik email marketing. Penggunaan digital marketing jenis ini cukup populer dan menjanjikan. Tetapi penggunaan metode ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan spam atau trash.

Sehingga, apapun yang dikirimkan harus memiliki manfaat bagi penerimanya. Pemasaran melalui email marketing sangat mudah untuk menjalin interaksi dengan calon konsumen. Jangan membuat tindakan yang mengganggu penerima karena bisa diblokir atau di report.

4. Search Engine Optimization (SEO)

Untuk meningkatkan bisnis bisa dengan melakukan optimasi SEO. Hal ini memungkinkan seseorang menjangkau tautan ke situs bisnis. Dengan optimasi SEO memugkinkan situs akan muncul di halaman pertama mesin pencarian.

Digital marketing dengan cara ini memungkinkan pencarian calon pelanggan menjadi lebih tinggi. Sehingga, spesialis SEO bisa menargetkan agar situs tersebut menjadi urutan pertama. Dalam waktu yang berurutan, maka situs tersebut akan menaikkan trafik bisnis.

Namun jika anda tidak punya keahlian dalam bidang seo anda bisa menggunakan jasa seo yang kemungkinan besar biayanya cukup mahal (bersifat opsional), jalan alternatif yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan jasa review yang mampu menajdi urutan pertama.

Harga jasa review sendiri sangat murah di bandingkan dengan jasa seo, anda hanya cukup bayar satu kali maka ulasan mengenai produk, bisnis, jasa anda sudah dapat di temukan oleh orang lain.

5. Pay-Per-Click (PPC)

Metode PPC memiliki arti bayar per klik yang bisa memastikan bahwa situs atau website menjadi lebih unggul. Tentu saja akan lebih menarik dari situs lainnya dengan kata kunci pencarian yang sama. Dalam hal ini memanfaatkan Google Ads yang bisa menyediakan layanan penuh.

Ayusini.com pun saat ini sudah tersedia layanan jasa iklan google terbaik dan termurah dan mampu berada di halaman pertama google.

Saat ini media sosial sudah banyak yang menggunakan metode PPC. Media sosial yang digunakan misalnya Facebook, Twitter, dan Linkedin. Pasalnya metode PPC sangat menjanjikan dan banyak yang mendapatkan keuntungan.

Hal ini jelas meningkatkan bisnis yang sedang berjalan dengan lancar. PPC merupakan sarana pemasaran yang cukup populer. Dampaknya terhadap peningkatan bisnis sangat berpengaruh sehingga anda yang perlu mempertimbangkan sarana ini.

Beralihlah menggunakan digital marketing agar bisa meningkatkan bisnis dengan efektif dan efisien. Sehingga keuntungan yang diperoleh bisa mengembalikan modal dan meningkatkan pangsa pasar.

Editor: | Update: Maret 24, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.