Lakukan 5 Cara Menjalankan Bisnis dari Nol Agar Berhasil

cara menjalankan bisnis

Cara Menjalankan Bisnis dari Nol Ini Agar Berhasil – Dalam membangun sebuah bisnis baru dari awal memang dibutuhkan strategi matang untuk menjalankannya. Maka dari itu, dibutuhkan cara menjalankan bisnis yang terencana dan tidak asal-asalan.

Saat ini banyak orang yang tertarik menekuni dunia bisnis dan menjadi bos untuk dirinya sendiri sehingga mencari beberapa ide bisnis yang menguntungkan. Selain tidak terikat oleh perusahaan lain, memiliki bisnis sendiri menjadikan anda menjadi orang yang mandiri dan pekerja keras.

Dengan menjalankan bisnis sendiri anda akan belajar memikul tanggung jawab mulai dari menciptakan kerangka susunan bisnis hingga strategi pemasaran bisnis sendiri. Selain itu, ada pelajaran yang dapat dipetik dari membangun bisnis dari nol, anda akan mempelajari arti sesungguhnya tentang sifat pantang menyerah.

Pasti anda pernah atau sering menjumpai, para pebisnis patah semangat dan akhirnya berhenti di tengah jalan. Hal itu terjadi karena kurangnya konsistensi dan salah cara menjalankan bisnis, seperti kurang matangnya perencanaan bisnis yang dibuat di awal mendirikan bisnis tersebut.

Maka agar tidak terjadi hal yang serupa kepada anda nantinya, sebaiknya lakukan perencanaan yang matang dan carilah ilmu sebanyak banyaknya seputar bisnis yang akan anda tekuni. Mengikuti beberapa seminar yang bertema seputar bisnis juga termasuk dalam mencari cara menjalankan bisnis yang tepat dan bukan ide yang buruk untuk dilakukan.

Namun, jika anda tidak ada waktu untuk menghadiri seminar, anda dapat menyimak pembahasan kali ini yang akan membantu anda dalam mencari cara menjalankan bisnis yang baik agar mencapai titik kesuksesan. Namun, untuk mewujudkan kesuksesan tidak semudah yang diucapkan, pada intinya konsistensi dan ketekunan merupakan modal utama untuk mewujudkannya.

Supaya anda tidak salah langkah dalam mengatur dan menjalankan bisnis sebaiknya menyimak, tips dan cara menjalankan bisnis dari awal supaya berhasil berikut ini.

5 Cara Menjalankan Bisnis Agar Berhasil

cara menjalankan bisnis

Melakukan Riset

Pada langkah awal, cara menjalankan bisnis yang baik yaitu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun pada salah satu produk atau jasa layanan yang akan dipilih untuk dijadikan bisnis. Lakukan riset mengenai seberapa besar peluang pasar terhadap produk atau jasa layanan tersebut.

Sebagai acuan untuk melakukan riset tersebut anda harus bisa menjawab pertanyaan di bawah ini:

  1. Seberapa besar peluang pada produk atau jasa layanan yang akan anda jalankan nanti?
  2. Siapa yang akan menjadi target pasar anda?
  3. Siapa saja yang akan membutuhkan produk atau jasa layanan anda?
  4. Seperti apakah kompetitor anda? Inovasi apa yang mereka buat? Bisakah anda membuat inovasi yang lebih baik dari mereka?
  5. Seperti apa tren pasar yang sedang naik daun? Bisakah anda mengikuti tren tersebut?

Nah, jawaban dari lima pertanyaan tersebut akan memberikan hasil seberapa efektif ide bisnis yang akan anda jalankan nantinya. Jika dirasa anda ragu dan sepertinya kesulitan untuk mengikuti tren pasar pada produk atau jasa layanan yang akan anda jalankan, melakukan konsultasi dengan beberapa rekan atau seorang ahli di bidang pemasaran adalah cara menjalankan bisnis yang tepat untuk membantu anda dalam perencanaan target pasar anda nanti.

Membuat Perencanaan Bisnis

Sebuah rumah akan berdiri kokoh jika dibangun dengan pondasi yang kuat. Nah, perencanaan bisnis merupakan sebuah cara menjalankan bisnis yang serupa seperti pondasi pada bangunan. Kesuksesan dari bisnis tersebut akan ditopang dari perencanaan bisnis yang matang.

Maka dari itu, anda harus membuatnya sematang mungkin dan tidak gegabah dalam proses pembuatannya, Langkah terpenting dalam membuat perencanaan bisnis, anda harus melakukan break-even analysis, yaitu anda harus mempelajari hal yang terkait dengan perputaran modal atau uang.

Disini anda harus memperkirakan biaya pengeluaran dan pendapatan, biaya administrasi dan pemasaran. Selanjutnya anda harus melakukan kalkulasi break-even point (BEP), yaitu titik ketika pengeluaran dan pendapatan seimbang dalam artian tidak merugi atau untung.

Anda juga harus memperkirakan berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan di setiap bulannya, jika dirasa hasil break-even point terlalu tinggi, yang harus anda lakukan yaitu mengubah harga atau mengurangi jumlah pegawai.

Membuat Inovasi yang Berbeda

Membuat inovasi yang berbeda dari kompetitor lain merupakan cara menjalankan bisnis yang bagus, sehingga dapat bersaing dengan pihak lain yang memiliki bidang bisnis yang sama. Dalam membuat inovasi baru, berbekal sesuatu yang berbeda bukan hal pokok yang menjadikan bisnis anda laku di pasaran. Anda juga harus mampu membuat inovasi baru yang berbeda dan diminati oleh konsumen.

Untuk itu, dalam membuat inovasi baru yang memiliki peluang besar di pasaran diperlukan riset terlebih dahulu seperti cara menjalankan bisnis di awal tadi.

Ketika membuat inovasi baru, dan ternyata laku keras di pasaran, sehingga ada beberapa pihak yang meniru ide inovasi anda karena produk atau jasa layanan anda menjadi tren di mata konsumen. Lalu apa yang harus anda lakukan? Tentunya menjaga kualitas dan meningkatkan inovasi pada produk atau jasa layanan anda, supaya konsumen tidak beralih ke kompetitor lain.

Menentukan Struktur Pada Bisnis

Jika anda membangun bisnis bersama rekan atau mitra lain, penentuan struktur sangat diperlukan untuk mengatur kewajiban dan tanggung jawab dari masing-masing anggota pendiri bisnis tersebut.

Dalam menentukan struktur bisnis anda harus memilih badan usaha apa yang akan menaungi bisnis anda, seperti kepemilikan perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi.

Penentuan badan usaha yang dipilih akan mempengaruhi banyak faktor seperti nama bisnis, kewajiban, hingga masalah perpajakan.

Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran

Dalam membangun bisnis hal penting yang menjadi tujuan utamanya yaitu target penjualan. Bagaimana untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran? Di era digital seperti sekarang, semua orang dimudahkan dalam mengakses internet. Untuk itu, hal ini dapat dijadikan peluang penting dalam meningkatkan target pemasaran dan penjualan.

Anda tidak perlu repot melakukan pemasaran secara door to door seperti zaman dulu, atau menyebar pamflet ke konsumen, dengan melakukan optimasi promosi di media sosial anda dapat meningkatkan pemasaran dengan mudah dan tidak menghabiskan banyak uang. Dapat dibilang mengoptimalkan pemasaran melalui jejaring internet, merupakan cara menjalankan bisnis secara optimal dan murah.

Nah, itulah cara menjalankan bisnis yang baik agar berhasil mencapai titik kesuksesan. Menerapkan cara di atas saja tidak cukup untuk mengantarkan anda pada titik tersebut, jika tidak disertai dengan kesungguh-sungguhan dan konsistensi yang kuat akan terasa sia-sia dilakukan.

Editor: | Update: Desember 24, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.