Pengertian Jasa Menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli beserta Ciri-cirinya

Istilah pengertian jasa adalah hal yang sudah tidak asing lagi karena penggunaanya hampir setiap hari diterapkan dalam kehidupan baik secara sadar maupun tidak. Lalu sebenarnya apa pengertian Jasa? Ini memang cukup penting diketahui untuk menambah pengetahuan.

Pengertian Jasa Secara Umum

Secara umum jasa adalah merupakan pemberian suatu tindakan atau kinerja dari satu pihak ke pihak lainnya yang terlihat secara kasat mata. Bidang ini mencakup banyak hal, bisa pada produk konsumsi, transportasi, pakaian, pembangunan, kebersihan dan masih banyak lainnya.

Hal ini sebagai wujud manusia sebagai makhluk sosial, sederhananya mereka tidak akan bisa hidup sendiri. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya, karena tentu setiap individu memiliki keterampilan tersendiri. Adanya perbedaan untuk saling melengkapi serta menjadikan produk baru.

Jasa sendiri dilakukan untuk saling menguntungan atau bisa disebut simbiosis mutualisme, jadi secara garis besar manfaat yang didapat bisa saling melengkapi. Maksudnya adalah klien merupakan orang yang akan memberikan imbalan terkait usaha oleh penyedia jasa.

Pengertian Jasa Menurut Para Ahli

Saat ini jasa sudah tersebar dalam berbagai bidang sehingga tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Mungkin beberapa orang masih belum mengerti terkait definisinya sehingga tentu dapat membuat bingung. Untuk itu Anda perlu menyimak penjelasan berikut ini:

  • Norman

Menurut beliau jasa merupakan tindakan dan interaksi yang berupa hubungan sosial antara produsen (penghasil produk) dengan konsumen yang lebih dari sekedar menghasilkan sesuatu. Secara sederhana tindakan ini adalah hubungan timbal balik saling menguntungkan namun dengan peran yang berbeda.

Jenisnya sendiri sudah banyak dalam kehidupan bahkan hingga mendarah daging, perannya sendiri sangat membantu kelangsungan hidup suatu individu atau kelompok.

  • Kotler & Keller (2012: 214)

Jasa menurut Kotler & Keller merupakan layanan yang menawarkan tindakan atau kinerja oleh salah satu pihak ke pihak lainnya, tanpa harus memindahkan status kepemilikan. Kegunaannya dalam kehidupan memang sudah terbilang banyak, bahkan tidak sedikit yang mendapat keuntungan dari hal tersebut.

Penyedia jasa saat ini sudah banyak tersebar dalam berbagai bidang kehidupan. Hal tersebut membuka banyak peluang untuk menambah penghasilan. Namun untuk setiap jenisnya memiliki tarif yang berbeda, tergantung dengan tingkat kesulitannya, atau risiko tanggung di belakangnya.

  • Djaslim Saladin (2004: 134)

Layanan tersebut merupakan kegiatan tidak berwujud dan tidak menghasilkan properti yang ditawarkan dari pihak satu ke pihak lainnya. Secara sederhana, kegiatan tersebut saling berkaitan antara satu dan lainnya, saat ini Anda bisa menemukan di sekitar dengan mudah.

Namun layanan satu ini sering membuka peluang besar, karena kebutuhan masyarakat sendiri sangat banyak dan hampir setiap harinya menggunakannya. Sebelumnya pastikan mengerti tarif yang diperlukan. Langkah ini berguna untuk saling membantu satu sama lain.

  • Lovelock (2007: 5)

Beliau mendefinisikan bahwa jasa sendiri merupakan tindakan atau layanan yang ditawarkan oleh satu pihak ke khalayak lainnya. Meski hal tersebut dapat dikaitkan dengan aktivitas fisik, namun dalam kinerja pada dasarnya tidak berwujud dan biasanya tidak menghasilkan suatu faktor produksi.

Saat ini layanan tersebut merupakan aktivitas yang berkaitan dengan perekonomian yang menciptakan suatu nilai dan menawarkan manfaat kepada pelanggan di tempat dan waktu tertentu. Hal tersebut dikarenakan perubahan yang ingin dilakukan atas nama penerima suatu layanan.

  • Adrian Payne

Menyatakan bahwa jasa sendiri merupakan kegiatan perekonomian yang melibatkan sejumlah elemen tidak berwujud (nilai atau manfaat). Kemudian juga menggabungkan beberapa interaksi baik dengan pelanggan atau barang, tetapi tidak mengalihkan kepemilikan.

Pernyataan tersebut membentuk pendapat bahwa jasa merupakan kegiatan berbentuk fisik yang melibatkan peran bukan hanya satu orang, namun bisa lebih dari dua. Jika hanya dilakukan pelaku tunggal, maka kegiatan transaksi tidak dapat terlaksana dengan baik.

  • Christian Gronross

Pengertian Jasa selanjutnya yakni dikemukakan oleh Christian Gronross. Beliau berpendapat bahwa prosesnya terdiri dari kegiatan tidak berwujud antara pelanggan dan pegawai yang disediakan sebagai jalan keluar dari masalah klien. Hal ini tidak selalu terjadi dalam sumber daya fisik atau penyedia barang.

Layanan semacam itu dilakukan secara nyata, namun tidak selalu terjadi dalam interaksi antara pelanggan dan pelayanan karyawan serta penyedia barang. Kemudian bisa membentuk suatu sistem yang saling keterkaitan dan menguntungkan antara satu dengan lainnya.

  • Menurut Zeithaml dan Bitner

Perkembangan jasa sendir saat ini semakin pesat. Hal tersebut karena banyak orang yang membutuhkannya dalam berbagai bidang kehidupan, bukan hanya satu atau dua saja melainkan lebih dari itu. Hal ini tentu membawa pengaruh besar, terutama dalam bidang perekonomian.

Sebenarnya jasa adalah semua kegiatan perekonomian yang produksinya tidak dalam bentuk produk fisik. Hal semacam ini biasanya dikonsumsi selama produksi serta dapat menambah nilai dalam bentuk kenyamanan, hiburan dan juga untuk memberikan kesenangan.

Mengenal Ciri-Ciri Jasa

Kegunaan jasa sendiri dalam kehidupan manusia saat ini semakin marak, apalagi didukung dengan kemajuan teknologi. Hal ini membuka berbagai peluang besar menciptakan lapangan pekerjaan baru yang lebih menjanjikan. Lalu bagaimana ciri-cirinya? Berikut ulasannya:

  • Bentuk Transaksinya dapat Dilihat

Transaksi jasa ini tentu dapat dilihat secara nyata sehingga bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Kegiatan tersebut dilakukan secara sukarela, namun klien harus memberikan imbalan sesuai kesepakatan. Banyak Sedikitnya tergantung pada yang dilakukan serta tingkat kerumitannya.

Jasa-jasa yang tersebar di masyarakat saat ini sudah tidak dapat diragukan lagi peran pentingnya, salah satunya yang berhubungan dengan kegiatan perekonomian. Misalnya saja angkut atau antar barang dari satu daerah ke tempat lainnya.

  • Proses Pembuatannya Bisa Manual atau dengan Alat Khusus

Proses pengerjaannya sendiri dapat menggunakan mesin atau secara manual, yakni berbeda jenis maka kemungkinan besar juga cara pengerjaannya tidak sama. Kegiatan semacam itu bisa Anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar, karena saat ini masyarakat memang kerap malakukannya.

Contoh penerapan jasa dalam kehidupan yang dikerjakan dengan mesin adalah laundry, menjahit, pembuatan desain, objek dan masih banyak lainnya. Selanjutnya jika secara manual adalah tour guide, satpam, office boy, asisten rumah tangga dan masih banyak lagi.

  • Tidak Menyebabkan Peralihan Kepemilikan

Berbeda dengan jual beli, jasa sendiri tidak menyebabkan peralihan kepemilikan dari satu pihak ke pihak lainnya. Sistemnya yakni kegiatannya melibatkan aktivitas fisik, misalnya saja cuci motor, menjahit, transportasi, pengantaran barang, ojek dan masih banyak lainnya.

Pemanfaatan teknologi dalam kegiatan tersebut saat ini sudah semakin marak, salah satunya menggunakan perangkat elektronik untuk menciptakan sesuatu yang menakjubkan. Contohnya yakni membuat desain, animasi, undangan dan sebagainya.

Demikian pengertian Jasa menurut para ahli. Hal tersebut penting Ada pahami untuk menambah pengetahuan baru agar lebih luas lagi. Manusia memang tidak dapat dipisahkan dengan kehadirannya, karena termasuk kegiatan yang mencerminkan sebagai makhluk sosial.

Editor: | Update: Desember 19, 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.