4 Peluang Usaha Rumahan di Desa Terbaik

usaha rumahan

Masa pandemi seperti ini banyak masyarakat yang mengalami kesulitan keuangan. Hal inilah yang mengharuskan kita memutar otak agar bisa mendapatkan lahan penghasilan tambahan. Salah satu usaha yang gampang dilakukan adalah usaha rumahan.

Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, peluang usaha di desa masih banyak tersedia. Selain  penduduk yang tidak terlalu padat, di desa biasanya juga masih jarang yang membuka usaha yang sama. Sehingga peluang Anda untuk memajukan bisnis akan semakin terbuka.

Definisi Usaha Rumahan

Usaha rumahan merupakan salah satu jenis usaha yang berada di tempat pemilik usaha sendiri. Kita tidak perlu menyewa tempat untuk membuka usaha. Namun memanfaatkan lahan, pekarangan, ataupun teras rumah yang kita miliki.

Menjalankan usaha rumahan memiliki banyak manfaat. Misalnya saja jam kerja yang lebih fleksibel, waktu bersama keluarga yang lebih banyak, hingga melatih kita untuk berinovasi, dan menguji ide-ide bisnis yang kita miliki sendiri.

Kali ini kami akan mengajak Anda untuk membahas 4 peluang usaha rumahan yang cocok dijalankan di pedesaan. Usaha ini tidak hanya cocok untuk usaha sampingan, tapi juga bisa menjadi usaha utama Anda. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

1. Usaha tanaman hias dan sayuran

Dilansir dari laman harapanrakyat.com, salah satu usaha rumahan di pedesaan yang cukup menjanjikan adalah usaha budidaya tanaman. Misalnya saja  sayuran hidroponik ataupun tanaman hias.

Bertanam sayuran hidroponik sekarang boleh dibilang menjadi usaha yang lagi trend di masa pandemi. Apalagi banyaknya kegiatan kantor yang dijalankan secara WFH.

Sayuran hidroponik ini tidak memerlukan banyak lahan seperti sayuran pada umumnya. Untuk menekan resiko kerugian, Anda bisa mencoba menanam sedikit terlebih dahulu. Namun Anda harus mau meluangkan waktu untuk belajar cara bertanam dengan teknik hidroponik.

Tanaman hias juga cukup banyak diminati akhir-akhir ini. Di pedesaan banyak sekali jenis tanaman yang cukup bagus untuk dijadikan tanaman hias.

Jika tanaman tersebut unik dan langka, tak menutup kemungkinan banyak pembeli yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan pot yang unik dan menarik. Selain modalnya sedikit, resiko kerugiannya juga tidak terlalu besar. Di pasar-pasar daerah pedesaan sekarang juga mulai bermunculan penjual tanaman hias.

Biasanya mereka mematok dengan harga yang cukup terjangkau. Biasanya dimulai dari harga 10 ribu rupiah saja. Hal ini bisa menjadi inspirasi Anda tentunya.

2. Membuka usaha ternak

Banyak usaha rumahan yang bisa dijalankan sesuai minat dan kemampuan. Salah satunya adalah usaha ternak. Usaha ternak termasuk usaha yang menguntungkan di desa.

Ternak ini bisa meliputi sapi, kambing, ayam, hingga burung. Usaha ternak ini sangat cocok dijalankan di pedesaan, mengingat berbagai faktor yang dimiliki.

Contohnya saja faktor ketersediaan lahan dan pakan. Di pedesaan yang masih belum padat penduduknya, Anda bisa membuat kandang ternak yang tidak jauh di sekitar lingkungan perumahan. Hal ini tidak akan terlalu mengganggu aktivitas sekitar karena masih sepi.

Ketersediaan pakan ternak juga menjadi faktor kesuksesan usaha ternak Anda. Di desa masih banyak tersedia rumput dan tanaman lainnya untuk pakan ternak. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk pakan ternak Anda.

Untuk ternak ayam Anda bisa memulainya dengan skala kecil di rumah. Pakan ayam juga tergolong mudah didapat dan tidak memerlukan modal yang besar. Usaha ini boleh dibilang usaha rumahan yang tidak ada matinya, karena banyaknya kebutuhan protein masyarakat.

3. Usaha perikanan

Usaha yang bisa dibuka di rumah salah satunya adalah usaha perikanan. Dalam hal ini Anda bisa membuat kolam ikan lele, gurame,  ataupun bawal. Hasil panennya dapat Anda jual di pasar atau ditawarkan kepada warung-warung yang sering menyajikan menu ikan.

Modalnya juga terbilang tidak besar, bahkan Anda bisa menggunakan terpal untuk membuat kolam lele. Perawatan kolam ikan juga tidak terlalu sulit. Tingkat resiko kegagalan juga lebih rendah. Namun keuntungan dari hasil penjualan ikan terbilang menjanjikan.

Jika Anda membuka usaha perikanan, memperhatikan pakan ikan tersebut perlu dilakukan. Untuk di daerah pedesaan Anda bisa memberika pakan alami semisal bekicot, kerang, keong mas, cacing tanah, ataupun hewan kecil lain untuk pakan lele dan gurame .

Hal tersebut bisa menghemat biaya pembelian pellet. Selain itu hewan-hewan kecil tersebut juga lebih mudah diperoleh di pedesaan.

4.Usaha katering atau snack makanan ringan

Usaha ini cocok dijalankan bagi Anda yang hobi memasak, atau berkreasi dengan membuat camilan. Dengan perkiraan modal Rp 15.000 per kotaknya, Anda bisa membuka usaha nasi kotak dan snack kecil-kecilan.

Langkah pertama Anda bisa menawarkan jasa katering ini pada acara arisan di kampung, kelurahan, ataupun acara pengajian. Jika masakan Anda enak dijamin banyak yang akan memesannya lagi. Bahkan terkadang promosi dari mulut ke mulut bisa terjadi.

Menu masakannyapun tidak harus mewah. Asalkan rasanya enak dan higienis, dengan pengemasan yang menarik, usaha katering Anda bisa bersaing dengan usaha yang lain. Menu sederhana yang bisa Anda pilih dengan modal Rp 15.000 seperti nasi ayam, capcay, ditambah buah, krupuk dan sambal.

Untuk snack ringannya Anda bisa memilih membuat jajanan pasar yang beraneka ragam. Misalnya saja kue putu, risoles, pastel, puding, hingga kue brownies. Snack ringan ini bisa dikemas dalam kotak kardus kecil yang bisa dibeli di toko-toko retail terdekat.

Usaha nasi katering ini cocok dibuka di desa. Peluangnya tentu semakin besar, mengingat di pedesaan jarang sekali yang membuka usaha restoran ataupun katering dengan skala besar. Hal ini bisa memudahkan usaha Anda.

Untuk memajukan usaha, Anda bisa melakukan promosi yang gencar, baik lewat medsos maupun di lingkungan sekitar, mengadakan diskon, atau membangun relasi.

Semakin banyak relasi atau kenalan, usaha katering Anda akan semakin dikenal banyak orang. Contoh sederhananya Anda bisa membangun relasi dengan kantor kelurahan ataupun sekolahan. Nantinya Anda bisa bekerja sama untuk memasok snack atau nasi kotak di acara-acara rapat mereka.

Penutup

Itulah tadi berbagai peluang usaha rumahan di desa yang bisa Anda pilih. Setiap usaha memerlukan ketekunan dan kesiapan dalam mengambil segala resiko usaha.

Terlebih lagi jangan dulu memikirkan laba yang melimpah dari setiap usaha. Namun hendaknya kita lebih memprioritaskan bagaimana usaha itu tidak mati dan bisa berkembang setiap harinya.

Editor: | Update: Maret 27, 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.